Cara Paling Mudah Cek Tagihan PLN dan Beli Token Listriknya

Cara Paling Mudah Cek Tagihan PLN dan Beli Token Listriknya
Others

Dengan semakin berkembangnya sebuah peradaban, maka keberadaan listrik menjadi sebuah kebutuhan pokok. Jika satu paket, biasanya tidak lebih dari Rp100 ribu per bulan, Rp200 ribuan untuk 2 paket. Tapi, cara cek tagihan PLN itu sendiri masih belum banyak yang mengetahuinya. Padahal, tidak terlalu sulit, terutama jika menerapkan cara-cara berikut.

Hitung secara Manual

Salah satu materi yang pernah diajarakan saat belajar IPA di SMP dan SMA adalah menghitung daya listrik pada sebuah rumah, kemudian mengonversikannya dalam bentuk rupiah dengan nomial tertentu. Nominal tersebutlah yang selanjutnya harus dibayar oelh pemilik rumah yang bersangkutan.

Nominal rupiah yang harus dibayar adalah jumlah kebutuhan daya listrik per hari, kemudian dijumlahkan selama sebulan sehingga menjadi salah satu tagihan bulanan. Nah, untuk mendapat perhitungan yang akurat, Anda harus mengenali jenis-jenis peralatan di rumah yang membutuhkan energi listrik dalam pemakaiannya.

Umumnya, peralatan elektronik yang pemakaiannya kontinu setiap hari adalah mesin cuci, setrika, penanak nasi, TV, kipas angin atau AC, charger laptop maupaun hp, serta lampu. Dengan mengetahui daya yang dibutuhkan pada setiap perangkat per harinya, nominal yang Anda hitung tidak akan jauh berbeda dengan tagihan dari PLN.

Kenali Jenis Instalasinya

Apa jenis instalasi listrik di rumah Anda? Apakah instalasi lama, yaitu pascabayar yang pakai dulu kemudian bayar bulan depan atau instalasi baru yang disebut prabayar? Instalasi sistem prabayar lebih mirip isi pulsa elektrik. Jadi, Anda diharuskan untuk membeli token pulsanya terlebih dahulu.

Cek tagihan PLN di instalasi listrik pascabayar lebih mudah dilakukan karena tertera dalam struk. Sedangkan untuk listrik prabayar, pemilik rumah hanya bisa mengira-ngira sendiri berapa daya listrik yang dibutuhkan per bulannya. Kadang-kadang token Rp200 ribu bisa lebih, tapi bisa juga kurang untuk sebulannya.

Menghubungi PLN via Dial Number dan Internet

Cara ini paling memungkinkan tingkat keakuratannya dan menjadi cara pertama yang terpikirkan bagi sebagian besar orang. Nah, Anda juga bisa menggunakan cara ini dengan menghubungi contact center PLN di 123. Kalau menggunakan hp, tambahkan kode area sebelum menekan tombol 123.

Cara lainnya adalah dengan menghubungi alamat pos-el PLN di [email protected] Selain itu, PLN juga memiliki akun Twitter dan facebook. Ada juga cara termutakhirnya, yaitu dengan menghubungi Virtual Assistant-nya pada nomor yang sama.

Menghubungi PLN via SMS

Bagi Anda yang lebih suka mengirim SMS, cara ini juga bisa dilakukan. Tentukan lebih dulu jenis tagihannya, yaitu satu bulan atau continue. Kalau bulanan, Anda hanya mendapat informasi tagihan listrik dalam satu bulan saja.

Sedangkan untuk continue, Anda berlangganan layanan pesan ini sehingga mendapat informasi tagihan listrik secara otomatis tiap bulannya. Cara cek tagihan listrik PLN per bulan yaitu dengan SMS yaitu ketik REK (spasi) Nomor ID, kemudian kirim ke 8123.

Untuk berlangganan, formatnya beda lagi, yaitu REK (spasi) ON (spasi) 12 nomor ID, kemudian kirim ke nomor yang sama, 8123. Kalau ingin berhenti berlangganan, ketik SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 nomor ID, kirim ke 8123 lagi. Mudah bukan?

Nah, berbicara tentang cara cek tagihan PLN, jumlah token yang harus dibeli dan tagihan listrik yang harus dibayar juga sangat penting. Beli token menjadi lebih praktis di blibli.com. Nominal yang dipilih yaitu Rp20 ribu sampai Rp5 juta. Harganya juga sangat terjangkau, dengan tambahan Rp2.750 saja untuk setiap nominalnya.

shares