Cara Mengobati Flu yang Efektif Untuk Ibu Hamil

Kesehatan

Cara yang sederhana dan efektif untuk menyembuhkan flu, salah satu penyakit paling berbahaya dalam kehamilan, terutama pada saat musim dingin.

Flu adalah salah satu penyakit paling berbahaya dalam kehamilan, terutama di saat musim dingin. Ketika sang ibu terkena flu, janin terkena serangkaian masalah kesehatan yang serius, perkembangan dan kehidupan, terutama di bulan-bulan awal kehamilan seperti cacat lahir, Selain itu, bersin-bersin, pilek, sakit kepala, dll, gejala khas flu akan membuat ibu lebih cepat lelah. Oleh karena itu, pengobatan flu selama kehamilan sangat penting dan harus diperhatikan.

Cara mengobati flu yang efektif untuk ibu hamil

Selain harus pergi ke dokter untuk diberikan obat yang tepat, ibu bisa menggunakan tips populer dari pengobatan seperti daun segar, daun basil, marjoram, bawang putih, atau ibu bisa menggunakan cara yang lebih efektif untuk mengobati flu, terutama berdasarkan pola  makan dan minum obat sesuai dengan saran ahli medis. Silakan simak tips berikut ini.

Mengobati flu dengan air

  • Sauna. Udara yang hangat dan lembab dapat meredakan hidung tersumbat dan batuk jika terjadi flu, sehingga metode pengobatan penguapan. Tetapi jika ibu memilih untuk menggunakan daun dan ramuan di sekitar rumah seperti daun lemon, jeruk, jambu biji, apsintus, dll. Ibu bisa memasak air, gunakan panci kecil berisi air hangat yang masih menguap, tambahkan beberapa tetes minyak peppermint atau cengkeh kemudian gunakan handuk katun dan baskom besar selama 10-20 menit, sampai gejala flu berkurang.
  • Bilas mulut dengan air garam. Jika tenggorokan ibu Anda terasa sakit atau gatal karena flu, pastikan untuk berkumur dengan air garam sepanjang hari. Air garam bisa disiapkan dengan 1/4 sendok teh garam yang dilarutkan dengan 1 gelas air hangat, atau 1 sendok teh madu dapat ditambahkan ke larutan ini untuk meningkatkan efek bakterisida. Garam bila dilarutkan dalam air akan membantu mengeluarkan lendir, mengurangi rasa sakit bengkak, menenangkan iritabilitas, sakit tenggorokan.
  • Minum banyak air. Air memainkan peran yang sangat penting pada wanita hamil karena membantu meningkatkan jumlah darah dalam tubuh. Pada saat yang sama, air juga meningkatkan efek kesehatan yang positif ketika Anda mengalami pilek, karena gejala flu seperti bersin, pilek, muntah atau demam menyebabkan dehidrasi ringan hingga berat. . Akibatnya, wanita hamil perlu minum lebih banyak air, selain air yang disaring dapat ditambahkan dengan jus lemon, jeruk, jus buah, dll. Air membantu meningkatkan produksi sebum, jadi batuk keluar dahak lebih mudah. Pada saat yang sama, minum banyak air juga membuat rongga hidung lebih mudah kering, secara signifikan mengurangi gejala pilek, bersin.
  • Rendam dalam air hangat. Air adalah salah satu obat terbaik untuk mengobati flu. Tidak hanya membantu menjaga gusi rileks saat mandi, air hangat juga menciptakan kelembapan untuk mengeringkan saluran pernapasan, terutama uap dari pancuran untuk melonggarkan lendir di hidung dan dada untuk membantu ibunya lebih mudah bernafas. Nyeri yang berhubungan dengan flu juga akan sembuh ketika ibu memilih untuk merendamnya dalam air hangat di antara 37 dan 40 derajat. Namun, karena penyakit membuat tubuh sedikit lemah sehingga ibu harus memperhatikan menempatkan karpet di kamar mandi dalam kasus jatuh terjerembab karena pusing, pusing.
  • Air panas dan dingin. Perubahan cuaca tidak hanya mencegah kehamilan, tetapi mengobati hidung tersumbat, tetapi juga risiko berkembangnya nyeri sinusitis yang membengkak di selaput sinus, mengalir lendir di hidung. Kemudian, panas dan kelembaban dari air akan membantu menguras sinus dan mengurangi kemacetan lendir. Wanita hamil hanya membutuhkan handuk panas untuk menekan sinus ke daerah tersebut, atau menggunakan handuk penyerap air dingin untuk mengurangi pembengkakan atau sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

Makan dengan baik

  • Pilih makanan bergizi, banyak vitamin C. Gunakan makanan bergizi dan camilan saat Anda sakit untuk membantu wanita hamil Anda memiliki energi yang cukup yang dibutuhkan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dalam pertarungan melawan penyakit. Wanita hamil juga harus memilih buah-buahan, jus buah dan sayuran kaya vitamin, terutama vitamin C dalam dingin karena vitamin C anti-infeksi cukup efektif, meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Minuman favorit ibu hamil adalah air panas yang dicampur dengan madu dan lemon. Ini adalah obat tradisional, dengan uap panas untuk membersihkan saluran hidung, madu untuk menyejukkan tenggorokan, dan vitamin C kaya lemon meningkatkan efektivitas sistem kekebalan dalam tubuh. Persiapan obat ini sederhana: cukup aduk 1 sendok makan madu dan 2 sendok teh jus lemon segar dalam secangkir air panas. Mungkin tambahkan beberapa iris jahe untuk menambah aroma dan membantu ibu memilih mual. Selain itu, ibu dapat memasak sup ayam dengan sayuran ketika flu. Hasil penelitian ilmiah telah mengkonfirmasi bahwa senyawa carnosine dalam sup ayam membantu sistem kekebalan melawan flu pada tahap awal.

Gunakan obat yang aman untuk wanita hamil

  • Obat ibu hamil harus digunakan secara bijak, karena beberapa obat flu biasa mungkin memiliki efek serius  dan berbahaya pada janin, seperti Tamiflu, Flumadine, Relenza, atau Symmetrel dapat menyebabkan pendarahan janin dan sputum, batuk yang mengandung guaifenesin, dekstrometorfan terkait dengan komplikasi kehamilan pada penelitian pada hewan. Masih banyak pengobatan sederhana dan mudah digunakan yang disarankan para ahli medis untuk digunakan ibu selama kehamilan.
  • Saline fisiologis kecil. Salin fisiologis 0,9% membantu ibu menghindari pilek dan hidung tersumbat, dengan melonggarkan lendir dan peradangan hidung yang menenangkan. Semprotan hidung dan nasal semprot fisioterapi kecil memiliki efek yang sama, tetapi ibu perlu melihat dengan hati-hati pada bahan obat untuk memastikan tidak ada suplemen lain. Sederhanakan perawatan saline fisiologis Anda di rumah, dengan melarutkan 1/4 sendok teh garam dalam segelas air, kemudian gunakan tabung kecil yang bersih dari beberapa tetes larutan di setiap lubang hidung. 5 – 10 menit hembuskan hidung Anda dan ulangi jika hidung Anda masih tersumbat.
  • Peppermint dan pasta hidung lengket. Oleskan sedikit minyak peppermint ke dada dan di bawah hidung, dan air yang dikukus sedikit dari mint mengaktifkan pembuluh darah yang membesar, sehingga udara bersirkulasi di dalam tubuh lebih mudah dan gusi ibu terasa tersumbat. lebih banyak hidung. Anda juga dapat menggunakan minyak peppermint di kamar mandi untuk bekerja dan membantu Anda bersantai saat mandi. Campurkan minyak esensial ini dengan stiker dingin jika Anda memiliki hidung tersumbat yang parah. Semprotan hidung, yang dirancang untuk mencegah mendengkur, akan membuat Anda lebih mudah bernapas dan tidur lebih nyenyak.
  • Permen pengganti obat. Permen lunak ini sering membantu wanita menyembuhkan flu dengan aman dan lebih mudah untuk hamil. Mint atau eucalyptus dalam permen berfungsi untuk menciptakan ventilasi, mengurangi iritasi, gatal untuk tenggorokan. Cara terbaik untuk memilih permen manis adalah gula atau madu, dan jika aman, mint adalah alternatif yang cukup manis bagi ibu dan bayi.

Perhatikan ruang hidup di sekitarnya

Udara lembab adalah semprotan hidung alami. Jadi ciptakan suasana yang lembab untuk diri sendiri dengan menggunakan humidifier atau menempatkan semangkuk besar air di kamar tidur Anda. Kelembaban di udara akan melunakkan saluran hidung, memecah lendir, membantu ibu memilih untuk bernafas lebih baik. Selain itu, mentol dapat ditambahkan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan flu. Pada saat yang sama, ibu hamil juga harus menjauhi lingkungan berdebu atau asap rokok, karena ini akan membuat situasi flu Anda lebih parah. Buka pintu ke udara segar, udara segar. Jika Anda berada di laut, Anda takut untuk tidak berjalan di laut untuk menikmati udara segar dan asam asin – dosis obat alami sangat baik, aman bagi ibu untuk merasa kedinginan.

Pilih postur tidur yang tepat

Sulit untuk tidur atau beristirahat dengan 2 hidung tersumbat yang menyebabkan kesulitan bernapas, kelelahan. Namun, ibu harus tahu bahwa penyakit membuat tubuh kelelahan, dan cukup tidur, istirahat teratur, relaksasi akan membantu tubuh untuk pulih, sehingga kemampuan melawan penyakit lebih tinggi.

Agar tidur lebih nyenyak, ibu hamil dapat meletakkan kepalanya di atas bantal, bersandar ke kiri atau kanan sehingga air dapat keluar dari rongga hidung lebih mudah, sehingga lebih sedikit tersedak. Beristirahat beberapa jam di siang hari juga membantu tubuh mengatasi stres fisik dengan lebih baik. Ini juga merupakan cara untuk membantu tubuh fokus melawan penyakit. Cara paling sederhana untuk bersantai saat berada di rumah adalah memilih ruangan yang sejuk, menyalakan humidifier, menggunakan beberapa tetes mentol dan mengepel ke dalam selimut hangat selama beberapa jam ke tubuh, otak menjadi rileks hingga maksimal. .

shares