5 Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Alami demi Cegah Dehidrasi

Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Alami demi Cegah Dehidrasi
Lifestyle

Tidak dipungkiri, bahwa kemungkinan dehidrasi yang dialami oleh seorang ibu hamil itu lebih tinggi daripada wanita biasa. Terlebih lagi ketika diakibatkan oleh gejala flu dan batuk. Ada beberapa obat batuk untuk ibu hamil yang fokus pada upaya mencegah dehidrasi. Berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan.

  • Bikin Jus Lemon

Ketika batuk menyerang, saluran pernapasan dan paru-paru kemungkinan besar terkena lendir-lendir maupun benda asing. Lendir itu akan membuat areal pernapasan jadi kering. Untuk itu, amat diperlukan semacam penyegar dari jus lemon. Cara bikinnya tidak terlalu sulit. Siapkan saja secangkir madu dan tambahkan sekitar 3-4 sendok makan air jeruk.

Tambahkan pula ¼ hingga 1/3 cangkir larutan lemon dan madu. Masak dengan api kecil dan aduk terus hingga merata. Kalau sudah selesai, simpanlah ke kulkas. Minum sekitar 1-2 sendok makan larutan atau jus lemon tersebut. Rupanya, cara pengobatan batuk ini juga diterapkan oleh warga Selandia Baru.

  • Bikin Kaldu Tulang

Bagi seorang ibu rumah tangga, pasti bisa bikin kaldu tulang, kan? Selain enak, manfaatnya bisa berfungsi untuk detoksifikasi tubuh serta penyembuhan batuk secara alami. Oleh karena itu, obat batuk untuk ibu hamil ini sangat baik ketika diaplikasikan. Soalnya kaldu tulang memiliki kandungan asam amino esensial, protein, serta nutrisi lain yang baik untuk janin.

  • Pakai Air Kelapa

Siapa sangka jika air kelapa juga bisa digunakan untuk obat batuk secara alami. Kalau ada, pilih kelapa yang minim kandungan gulanya. Contohnya kelapa ijo. Kelapa gading serta kelapa yang tumbuh di sekitar rumah justru bagus. Soalnya memiliki kadar garam yang cukup untuk meredakan gejala serta efek samping dari batuk tersebut.

  • Minum Teh Herbal

Minum teh herbal telah menjadi budaya sehari-hari masyarakat Jepang. Rupanya, selain nikmat diseruput ketika pagi serta sore hari, teh herbal juga bagus untuk mencegah dehidrasi saat batuk terjadi. Ketika minum teh herbal, usahakan untuk lebih menikmati lahir-batin. Minum teh itu ada seninya.

Kadangkala, batuk dan dehidrasi yang menyerang ibu hamil bisa diredakan saat jiwa serba tenang. Pengaruh jiwa sangat kuat untuk menyembuhkan seseorang dari berbagai penyakit. Sebelum minum, hidup dalam-dalam aromanya. Nikmati seteguk demi seteguk. Jangan minum sekaligus seakan orang yang kehausan akibat kemarau panjang.

  • Minum Minuman Elektrolit Khusus

Minuman elektrolit itu sama dengan minuman khusus sebagai pengganti cairan yang dipakai sehari-hari. Sudah banyak sih produk minuman ion yang beredar luas di Tanah Air. Manfaatkan selagi ada demi kesembuhan penyakit batuk Anda. Pilih yang kandungan glukosanya sekitar 6% hingga 8%. Jenisnya meliputi isotonik, hipotonik, dan hypertonik.

Dengan menggunakan obat batuk untuk ibu hamil tersebut, potensi dehidrasi bisa diminimalisir. Bukan hanya Anda yang butuh cairan dalam tubuh. Sang janin justru lebih membutuhkannya. Bukankah ketika janin masih dalam kandungan, kebutuhan nutrisi dan cairan harus dimaksimalkan?

shares